Cara Cepat Mengobati Diare di Rumah, Ini Bahan Alami yang Bisa Digunakan

Cara mengatasi diare harus Anda ketahui, karena memang kita tidak bisa meremehkan kondisi dari penyakit tersebut. Diare bisa membawa Anda pada kondisi dehidrasi yang parah dan bahkan juga bisa mengancam nyawa. Saat diare menyerang Anda perlu segera mencari cara bagaimana menuntaskan hal tersebut.

Anda tidak harus selalu memakai obat kimia untuk mengobati diare karena memang masih banyak jenis obat-obatan lain secara alami yang bisa digunakan untuk mengatasi diare tersebut dengan mudah di rumah.

Beberapa dari bahan alami ini bahkan bisa Anda temukan dengan mudah. Obat diare tradisional tak jarang berasal dari sayur, buah-buahan maupun rempah yang bisa dijadikan andalan bumbu dapur tiap hari. Berikut ini adalah obat alami untuk diare yang bisa Anda coba untuk mengatasi penyakit tersebut.

Apa Saja Obat Alami untuk Mengatasi Diare?

Kunyit

Rempah pertama yang bisa digunakan untuk mengatasi diare yaitu kunyit. Terkenal memiliki banyak sekali manfaat kunyit di sini dijadikan sebagai obat untuk meredakan gejala diare. Hal itu dikarenakan kunyit mempunyai sifat anti bakteri sehingga mampu membunuh bakteri yang menyebabkan diare menyerang Anda.

Cara menggunakannya terbilang mudah, Anda hanya cukup merebus beberapa batang kunyit menggunakan air panas, kemudian Anda konsumsi setidaknya 3 kali sehari agar memperoleh hasil yang maksimal.

Buah Pisang

Konsumsi buah pisang akan membuat tekstur dari feses Anda jadi lebih padat dan juga tidak berair. Anda di sini bisa bebas dari penyakit diare secepatnya. Kemampuan buah pisang sebagai obat diare yang alami ini dikarenakan buah tropis tersebut memiliki kandungan banyak sekali serat dan pektin yang menyerap cairan di dalam usus.

Air Kelapa

Saat Anda mengonsumsi air kelapa pada saat diare maka hal itu merupakan keputusan yang tepat. Banyak sekali cairan tubuh yang hilang Ketika Anda menderita diare karena itu Anda akan merasa sangat lemas.

Air kelapa memiliki kandungan zat elektrolit yang mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang oleh karena sering buang air besar. Air kelapa telah lama dipakai sebagai obat diare tradisional yang sangat aman untuk dikonsumsi bahkan oleh anak kecil.

Cara pemakaiannya pun terbilang sangatlah sederhana, karena di sini Anda hanya perlu meminum langsung air kelapa murni tanpa menggunakan campuran apapun supaya manfaatnya bisa lebih maksimal.

Lada Putih

Beberapa dari Anda mungkin heran bagaimana bisa lada putih dijadikan obat untuk diare. Kemampuan lada putih dalam mengatasi diare karena bumbu dapur tersebut memiliki kandungan berupa piperin yang sangatlah ampuh dalam mengurangi radang serta meredakan sakit pada tubuh.

Kemampuan dari lada putih untuk mengatasi masalah perut tersebut tidak hanya berlaku untuk penyakit diare saja melainkan juga bisa digunakan untuk penyakit kolera.

Wortel

Mengonsumsi wortel tidak hanya bermanfaat untuk mata saja tapi juga ampuh digunakan sebagai obat alami diare. Sayuran dengan jenis umbi tersebut mempunyai kandungan berupa pektin yang sangatlah tinggi sehingga akan sanggup menyerap cairan di dalam tubuh yang berlebih. Tak hanya itu saja, feses yang dihasilkan pun akan menjadi lebih padat.

Itulah tadi beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit diare. Anda juga perlu untuk melakukan pencegahan. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri yang terdapat pada minuman ataupun makanan yang terkontaminasi. Maka dari itulah, penting bagi Anda selalu menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar tempat Anda tinggal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.