Cara Terbaik Memilih Pasta Gigi Sensitif Untuk Gigi Ngilu

Memiliki gigi ngilu memang bisa membuat kurang nyaman. Perasaan gigi ngilu ini biasanya terjadi setelah seseorang memakan atau meminum sesuatu, terutama sesuatu yang dingin seperti misalnya Es.

Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gigi sensitif adalah dengan mengubah pasta gigi yang anda gunakan. Saat ini di pertokoan atau swalayan banyak sekali pasta gigi yang memang diformulasikan khusus untuk gigi ngilu.

Untuk membahas lebih jauh tentang gigi sensitif, kali ini kita akan melakukan pembahasan tentang gigi ngilu/sensitif secara singkat dan padat.

Kenapa Gigi Bisa Sensitif?

Gigi sensitif adalah kondisi yang biasanya dialami oleh sebagian orang, penyebabnya adalah adanya lapisan pada bagian bawah gigi atau dentin yang terbuka. Dentin sendiri adalah bagian gigi yang memiliki rongga dan terhubung ke saraf saraf gigi.

Hal ini menyebabkan seseorang akan merasakan kengiluan ketika mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu yang masuk melalui celah tersebut.

Adapun, untuk penyebab lapisan dentin terbuka ada 2. Pertama adalah resesi atau keadaaan penurunan gusi yang bisa terjadi karena penggunaan sikat gigi yang kurang tepat ataupun penyakit gusi.

Yang kedua, penyebab dentin terbuka disebabkan oleh mengikisnya lapisan email gigi karena terlalu banyak konsumsi makanan tertentu, utamanya makanan atau minuman yang bersifat asam.

Seseorang bisa dikatakan memiliki gigi sensitif ketika ia merasakan keadaaan ngilu tiba tiba yang membuatnya tidak nyaman dalam beraktivitas. Utamanya ketika mengkonsumsi makanan panas, dingin ataupun asam.

Pasta Gigi Sensitif

Beberapa ahli termasuk juga kementrian kesehatan sangat merekomendasikan bagi para penderita gigi sensitif untuk menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

Anda jangan membiarkan masalah ini berlarut-larut sehingga menyebabkan kondisi atau keadaan yang lebih parah.

Pasta gigi untuk gigi sensitif diformulasikan khusus dengan bahan bahan yang berguna untuk menyembuhkan kengiluan pada gigi. Anda bisa mendapatkannya di toko toko terdekat.

Lalu, yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah apa sih perbedaan antara pasta gigi biasa dengan pasta gigi sensitif?

Pasta gigi sensitif terbuat dari bahan bahan seperti misalnya strontium klorida, potasium nitrat dan lain lain yang berguna untuk melindungi saraf saraf pada gigi dari konsumsi makanan yang masuk kemulut.

Bahan bahan tersebut juga nantinya akan menghalangi respon rasa sakit yang dikirimkan melalui saraf saraf. Untuk hasil maksimal sebaiknya anda gunakan pasta gigi sensitif secara rutin sampai kengiluan pada gigi benar benar hilang secara maksimal.

 

Tips Memilih Pasta Gigi Sensitif

Ketika memilih odol untuk gigi sensitif setidaknya anda harus memperhatikan hal hal berikut, utamanya hal hal yang berkaitan dengan formulasi bahan pembuatan.

1. Active Remin Complex

Salah satu penyebab gigi sensitif adalah gigi yang kehilangan lapisan mineral karena cara penyikatan gigi yang salah dan juga erosi gigi.

Nah, bahan active remin ini nantinya diharapkan akan membantu anda untuk membentuk kembali lapisan mineral yang telah terkikis sehingga dalam jangka waktu tertentu diharapkan celah yang terbuka akan kembali tertutup seperti pada kondisi normal.

2. Potassium Citrate

Berbeda dengan bahan pertama, bahan Potassium Citrate berfungsi untuk meredakan rasa ngilu akibat gigi yang sensitif. Bahan ini akan melakukan pemblokiran pada sel saraf sehingga rangsangan nyeri akan terhenti ataupun tidak terlalu terasa.

3. Hydroxyapatite

Zat ini berguna untuk penyusunan kembali tulang gigi ataupun email gigi yang rusak akibat dari erosi asam. Dengan kandungan ini diharapkan gigi bisa lebih sembuh dan tidak merasakan kengiluan lagi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.