6 Cara Mengobati Gusi Bengkak

Selain sakit gigi dan sariawan, gusi bengkak adalah masalah kesehatan mulut yang sangat mengganggu. Kondisi ini juga tidak boleh dianggap remeh, karena dapat mengakibatkan kerusakan jaringan dan penopang gigi. Jika terjadi pada Anda, lakukan segera cara mengobati gusi bengkak berikut ini.

Gusi bengkak dapat disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya:

  • Tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut.Sehingga bakteri nyaman bersarang dan akhirnya membuat gusi bengkak hingga meradang.
  • Kondisi kekurangan vitamin C. Juga kebiasaan makan makanan manis.
  • Pemasangan kawat gigi yang berpotensi menekan gusi serta menimbulkan sariawan. Hingga akhirnya gusi bengkak dan meradang.
  • Kebiasaan merokok dan minum alkohol. Keduanya dapat meningkatkan kadar bakteri di dalam mulut.

6 Cara Mengobati Gusi Bengkak

Berikut adalah 6 cara mengobati gusi bengkak. Tidak sulit dan bahkan lima di antaranya dapat dilakukan di rumah.

Berkumur dengan mouthwash 

Mouthwash atau obat kumur dapat membantu membunuh bakteri dan kuman penyebab gusi bengkak. Namun jangan sembarangan memilih mouthwash karena dapat menyebabkan kondisi gusi bertambah parah.

Pilihlah mouthwash non alkohol dan mengandung ekstrak tumbuhan alami seperti cengkeh, mint, siwak, garam, atau habbatussauda. Kandungan alami ini akan meredakan nyeri dan denyut akibat inflamasi. Sekaligus membunuh kuman penyebab infeksi gusi.

Menyikat gigi secara teratur

Sikatlah gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung formula anti bakteri. Terutama di malam hari, karena sisa makanan yang dibawa tidur dapat membuat kondisi gusi bertambah parah.

Ingatlah untuk menyikat gigi pelan-pelan. Tidak perlu menekan dan menggosokkan sikat gigi terlalu kuat. Tindakan ini dapat menyebabkan gusi berdarah dan gigi mengalami abrasi. 

Menggunakan dental floss

Menyikat gigi dan berkumur dengan mouthwash tidak cukup. Secara berkala, bersihkan sela-sela gigi hingga tuntas menggunakan benang gigi. Pilih benang gigi yang lembut dan elastis lakukan proses pembersihan secara perlahan. Agar gusi tidak berdarah.

Mengompres dengan es batu

Es batu dapat memberikan sensasi dingin dan kebas yang mengurangi nyeri akibat gusi bengkak. Cara mengatasi gusi bengkak ini juga cukup efektif mengembalikan kondisi gusi seperti sedia kala.

Balut satu bongkah es batu dengan handuk dan tempelkan ke pipi. Lanjutkan hingga nyeri mereda dan gusi mengecil.

Mengonsumsi makanan tinggi vitamin C

Vitamin C sangat efektif mengatasi luka, mempercepat penyembuhan, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sumber vitamin C alami diantaranya jeruk, jambu biji merah, delima, dll.

Konsumsi vitamin C alami lebih disarankan daripada suplemen. Anda juga dapat menambahakn madu untuk meredam rasa asam sekaligus menambah nutrisi. Madu mengandung hidrogen peroksida yang dapat menyembuhkan luka terbuka dan inflamasi.

Namun perlu diingat, hanya gunakan madu asli serta buah-buahan segar. Madu campuran atau madu palsu biasanya ditambahi gula untuk mempermanis rasanya. Kandungan gula justru akan memperparah kondisi gusi. Karena zat ini merupakan makanan kesukaan bakteri di dalam mulut.

Jika kesulitan memperoleh bahan-bahan segar ini, gunakan aplikasi berbelanja online yang terpercaya. Misalnya sesa.id. Di Sesa, Anda mudah mencari kebutuhan sehari-hari yang berkualitas, dalam kondisi baik, serta memiliki jaminan mutu.

Melakukan scaling dan root planning

Scaling adalah pembersihan karang gigi, sementara root planning artinya pembersihan akar gigi dan sela-sela gusi. Keduanya juga dapat mengusir bakteri penyebab gusi bengkak. Namun ingat bahwa scaling dan root planing harus dilakukan oleh dokter gigi. Jadi jangan memilih sembarang tempat seperti klinik kecantikan untuk melakukannya.

Demikian 6 cara mengobati gusi bengkak. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan mulut serta mengonsumsi makanan bergizi. Agar kondisi gusi dan gigi selalu sehat. Dapatkan semua kebutuhan keseharian dan bahan pangan segar di Sesa.id. Download aplikasi Sesa.id di Apps Store dan Playstore. Gratis!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.