Museum Sumpah Pemuda Gelar Pameran Online 118 Tahun WR Supratman

Siapa yang tak kenal dengan Wage Rudolf Supratman atau WR Supratman? WR Supratman merupakan pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya. Ia memperkenalkan pertama kali lagu kebangsaan Indonesia Raya pada momentum penutupan Kongres Pemuda II 28 Oktober 1928 di Gedung Indonesische Clubgebouw yang kini telah menjadi Museum Sumpah Pemuda. Selain Indonesia Raya, WR Supratman juga menciptakan beberapa lagu lainnya seperti, Ibu Kartini, di Timur Matahari dan Dari Barat sampai ke Timur.

Karya karya WR Supratman mengajak mencintai Tanah Air dan menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Sebelumnya, W.R. Supratman merupakan seorang wartawan di era pergerakan nasional yang bekerja untuk surat kabar Tionghoa, Sin Po. Ia berjuang dengan biolanya, menjadi inspirasi bagi para pemuda pemudi Indonesia untuk mengabdi bagi bangsa dan negara secara konsisten dan tanpa pamrih.

Untuk mengenang jasa jasanya, Museum Sumpah Pemuda bersama Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, menggelar Pameran Daring 118 Tahun W.R. Supratman dengan tema "Melodi Bangsaku". Kegiatan Pameran daring ini diselenggarakan dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun ke 76 Republik Indonesia. Pameran Melodi Bangsaku menyuguhkan informasi mengenai W.R. Supratman dan karya karyanya.

"W.R. Supratman adalah sosok tangguh yang mencerminkan nilai nilai nasionalisme dan patriotisme," ungkap Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek) Hilmar Farid, Kamis (19/8/2021). Hilmar Farid menambahkan, dari W.R. Supratman kita belajar bahwa berjuang untuk Indonesia, tak harus angkat senjata, tetapi bisa dengan kompetensi kita masing masing. "Pameran daring ini berlangsung mulai tanggal 19 Agustus sampai dengan 24 September 2021," jelasnya.

Pameran ini disiarkan melalui kanal YouTube Muspada pada hari Kamis, 19 Agustus 2021 pukul 10.00 WIB. Rangkaian pembukaan pameran ini juga akan dimeriahkan dengan penampilan kesenian musik dan tari oleh Voice Corner Vocal Group Madiun, Color Guard Jawa Timur, Goong Prada Management, BTM Dance Crew, serta penampilan teatrikal Kongres Pemuda oleh Cinemaxxi Teater Surabaya. Pameran dapat diakses melalui laman website pameran msp. Pameran ini menyuguhkan konten kreatif dan layanan tur virtual 360°, sehingga pengunjung dapat menjelajahi pameran melalui akses digital tanpa harus meninggalkan rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.