Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 11 12 13 14 17, Organ Gerak Kadal, Katak, Burung, Ular, Ikan

Simak kunci jawaban tema 1 kelas 5 halaman 11 12 13 14 17 Subtema 1 Pembelajaran 2 buku tematik kurikulum 2013 edisi revisi 2017 dapat disimak dalam artikel ini. Satu dari beberapa soal yakni terkait organ gerak kadal, katak, burung, ular, ikan, dan kambing. Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawabnya sendiri, kemudian gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa.

Sekarang saatnya membuat gambar ilustrasi. Sebelum kamu membuat gambar, susunlah terlebih dahulu bacaan atau teks. Tema gambarnya adalah "Hewan Kesayanganku".

Bacaan Lainnya

Teks Aku memiliki satu ayam dan tiga anak ayam. Setiap hari ayam ayamku selalu aku rawat.

Aku berikan makanan agar ayam ayamku bisa tumbuh sehat. Waktu menjelang malam, aku juga akan mencari ayam ayamku dan memasukkannya ke kandang. Gambar ilustrasi

Untuk dapat menceritakan apa yang terkandung di dalam gambar diperlukan ketelitian dalam mengamati gambar. Selain itu juga diperlukan kemampuan dalam berbahasa, baik lisan maupun tulis. Coba ceritakan rangkaian gambar ilustrasi berikut sesuai pemahamanmu.

Aku punya tiga kelinci yang masih kecil dan satu induk kelinci. Anak anak kelinci ini lucu, mereka sangat suka menyusu induknya. Wortel adalah makanan kesukaan kelinci.

Kelinci kelinciku bergerak dan berpindah tempat dengan cara melompat lompat. Kaki belakang kelinci lebih kuat dan panjang dibandingkan dengan kaki depannya. Itu sebabnya, kelinci bergerak dengan lompat lompat dengan mudah.

Tahukah kamu bahwa kelinci termasuk binatang mamalia? Binatang mamalia tergolong hewan vertebrata, yaitu hewan yang bertulang belakang. Nah, di sekitarmu pasti banyak sekali hewan vertebrata lain selain kelinci. Bersama temanmu, amati dan identifikasi organ gerak hewan hewan tersebut.

Tuliskan hasilnya pada tabel berikut. 1. Ikan Nama organ gerak: sirip dan ekor

Fungsinya: sirip dan ekor berfungsi untuk mendorong gerakan ikan dalam air. Selain itu juga sebagai penyeimbang agar ikan agar tubuh tetapdalam keadaan tegak. 2. Katak Nama organ gerak: kaki

Fungsinya: Katak bergerak dengan 4 kaki. 4 kaki katak terdiri atas 2 kaki depan yang pendek dan 2 kaki belakang yang panjang. Seperti kelinci, katak bergerak dengan cara melompat. Dua kaki belakang yang lebih besar berfungsi untuk melompat. Sedangkan 2 kaki di depan sebagai penahan tubuh saat mendarat. 3. Burung Nama organ gerak: sayap

Fungsinya: untuk mendorong angin sehingga burung bisa terbang. 4. Ular Nama organ gerak: otot perut

Fungsinya: Otot perutnya memiliki fungsi untuk membantu ular berpindah tempat. Gerak ular yakni meliuk ke kiri dan ke kanan. Gerakan disebut sebagai lokomosi berkelok kelok. 5. Kadal Nama organ gerak: kaki

Fungsinya: kadal bergerak dengan kaki. Selain itu dalam bergerak, kadal juga bantuan anggota badan dan ekor. 6. Kambing Nama organ gerak: kaki

Fungsinya: untuk berjalan, bergerak, dan berlari. Berdasarkan bacaan tentang "Gerak Ikan dalam Air", temukan ide pokok dan kalimat pengembang setiap paragrafnya. 1. Ide pokok Ikan memiliki sistem gerak yang unik.

Kalimat pengembang Sistem gerak pada ikan berbeda dengan hewan vertebrata yang lain. Hal tersebut dikarenakan habitat ikan adalah di air. 2. Ide pokok Salah satu bentuk tubuh yang paling banyak dimiliki oleh hewan air adalah bentuk rudal. Kalimat pengembang Bentuk tubuh ini memungkinkan ikan meliuk ke kiri adn ke kanan.

Bentuk tubuh yang seperti ini juga berfungsi untuk mengurangi hambatan pada saat bergerak di dalam air. 3. Ide pokok Ikan memiliki gelembung renang dalam tubuhnya yang berguna untuk mengatur gerak naik dan turun. Kalimat pengembang Ikan memiliki susunan otot dan tulang belakang yang fleksibel untuk mendorong gerakan ekornya di dalam air. Sebagian besar ikan menggunakan gerak tubuh ke kanan dan ke kiri bersama dengan sirip ekornya untuk menghasilkan gaya dorong ke depan.

Ikan yang bergerak dengan sirip samping dan sirip tengah cocok hidup di terumbu karang. Jenis ikan ini tidak dapat berenang secepat ikan yang menggunakan tubuh dan sirip ekornya. Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal di atas sebagian besar berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban alternatif lainnya yang tidak terpaku seperti di atas.

Maryanto. 2017. Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas V Edisi Revisi 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Anggari, Maryanto. 2017. Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Kurikulum 2013 Buku Guru SD/MI Kelas V Edisi Revisi 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.