Tips Belajar Huruf Hangeul Korea Untuk Pemula

Menguasai bahasa asing merupakan salah satu keahlian yang sangat berguna dalam pengembangan diri. Selain bahasa Inggris, banyak sekali bahasa lain yang membantu untuk bersaing di dunia profesional seperti bahasa Korea. Ketika Anda berminat maka dapat mulai belajar huruf hangeul Korea disini dengan cepat.

Seiring dengan gelombang popularitas Korea, membuat peminat belajar bahasanya juga meningkat drastis. Apalagi semakin banyak juga perusahan Korea yang ada di Indonesia sehingga bermanfaat untuk meningkatkan peluang diterima kerja.

 

Sekilas Tentang Bahasa Korea

Bahasa Korea atau Hangeul Korea ini adalah bahasa yang resmi sebagai bahasa yang digunakan dalam percakapan sehari-hari di Korea Selatan dan Korea Utara. Bahkan tidak hanya dituturkan oleh bangsa Korea, bahasa Korea secara luas juga dituturkan secara baik di Yanbian, Tiongkok Timur Laut. 

Kalau dijumlahkan di dunia, setidaknya ada 78 juta orang yang menuturkan bahasa negeri ginseng ini. Dan hampir di semua negara seperti Amerika Serikat, Rusia, Jepang dan Kanada terdapat penutur bahasa Korea. Sehingga menjadi salah bahasa paling populer dan menempati urutan ke-12 di dunia.

Ada dua penilaian yang berbeda mengenai bahasa Korea ini sebagian ahli mengatakan sebagai kelompok bahasa Altaik. Namun sebagian lagi bahasa Korea dianggap sebagai bahasa isolat. Meskipun demikian bahasa Korea ini termasuk lebih mudah dipelajari dibandingkan dengan bahasa mandarin dan Jepang. 

Tips Menguasai Bahasa Korea Dengan Cepat

Ada banya cara yang dapat dilakukan untuk menguasai bahasa Korea dengan cepat. Salah satunya adalah dengan belajar huruf hangeul Korea disini. Karena akan mendapatkan banyak cara yang praktis untuk mempelajarinya.

  • Pelajari Hangeul

Langkah pertama adalah dengan mempelajari huruf-hurufnya terlebih dahulu atau yang biasa disebut Hangeul. Triknya adalah menguasai alfabeth yang digunakan oleh bahasa Korea tersebut secara menyeluruh. Sehingga nantinya akan lebih mudah saat hendak menguasai berbagai kosakatanya.

  • Kembangkan Kosakata

Kemudian langkah yang kedua adalah dengan mengembangkan kosakata dalam bahasa Korea yang dimiliki. Setelah menguasai Hangeul dan belajar membentuk kosakata maka penguasaan akan menjadi lebih mudah lagi.

Anda bisa memulainya dengan angka, patut diketahui bahwa di negara Korea berlaku dua angka yakni Korea dan Cina. Kemudian setelah itu dapat mulai menghafalkan nama hari dalam seminggu, dan frasa percakapan yang sederhana.

  • Ketahui Kata-Kata Pinjaman atau Konglish

Selain belajar huruf hangeul Korea disini agar lebih cepat menguasai bahasa Korea selanjutnya adalah dengan dengan mengetahui kata-kata pinjaman atau konglish. Bahasa Korea ini mempunyai banyak sekali kata pinjaman dan kata Inggris gaya Korea yang disebut “Konglish” (Bahasa Korea + Inggris). 

Kata-kata seperti ini sangat penting dalam percakapan sehari-hari, kata pinjaman merupakan kata-kata yang bersuara dan artinya sama dengan bahasa Inggrisnya. Kata-kata yang mudah diingat karena meskipun dengan aksen Korea namun tetap terdengar sebagai bahasa Inggris.

  • Latihan Membaca dengan Benar

Latihan membaca dengan benar merupakan salah satu trik jitu yang dapat Anda andalkan saat belajar bahasa Korea. Berbeda dengan saat pertama belajar bahasa Korea yang hanya menyebutkan huruf huruf Bahasa Korea berdasarkan dengan apa yang tertulis di website tempat kita belajar. 

Namun saat mendengarkan lagu Korea kesayangan Anda dan membaca liriknya maka dapat sembari melancarkan kemampuan membaca. Selain itu juga dapat membuat cara membaca terdengar seperti orang Korea yang asli,

  • Hafalkan Kata-kata Bahasa Korea dari Drama

Menghafalkan kata-kata dalam bahasa Korea akan membuat lebih mudah saat mencoba membuat kalimat. Langkah yang paling mudah adalah dengan menghafalkan kata-kata yang banyak didengar dari drama, variety show, dan juga lirik lagu.

5 tips tersebut akan sangat membantu ketika Anda praktekkan dengan benar. Namun dengan belajar huruf hangeul Korea disini, juga akan lebih memudahkan Anda untuk menguasai bahasa Korea dengan lebih lancar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.