Mengenal Arti Tabel Kode Ban Mobil dan Cara Membacanya

Sebelum membeli ban mobil, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah tabel kode ban mobil. Sebagai pemilik mobil hendaknya Anda mengenal tabel kode yang ada pada ban mobil. Untuk informasi tempat perawatan, service dan bengkel umum terbaik di dekat Anda, silahkan kunjungi website otoklix.com

Mengenal Tabel Kode Ban Mobil

Tabel kode pada ban mobil umumnya mudah ditemukan karena terletak di permukaan ban mobil bagian pinggir dengan kombinasi huruf dan angka yang dicetak timbul. Penting bagi pemilik mobil untuk mengetahui dan memahami kode ban mobil ini, karena kode ban mobil berisi keterangan pembuatannya. 

Rangkaian kombinasi huruf dan angka pada kode ban mobil tersebut memiliki arti penting, mulai dari jenis, ukuran, hingga anjuran batas kecepatan dan beban maksimum ban mobil. Melalui kode ban mobil tersebut, Anda dapat mengetahui petunjuk penting mengenai kondisi ban pada mobil Anda. 

Selain itu, mengetahui arti kode pada ban mobil juga dapat membantu Anda agar tidak salah memilih ban ketika akan mengganti ban, dan dapat tetap nyaman digunakan saat berkendara. Ban mobil dibuat untuk berbagai macam kebutuhan dan sudah diprediksi kapan ban tersebut dapat rusak dan harus diganti. 

Adapun cara mengenal tabel kode ban mobil adalah sebagai berikut:

  • Terdapat huruf pengenal identitas mobil

Untuk mengenali jenis mobil yang Anda gunakan baik mobil penumpang atau mobil niaga, biasanya hal tersebut ditandai dengan awalan huruf di bagian terdepan suatu kode pada ban yang disebut dengan Prefix. Huruf-huruf tersebut diantaranya:

P City car; SUV; MPV
LT Light Truck
ST Special Trailer
T Temporary, ban cadangan

  • Ketebalan

Kode ban selanjutnya berupa angka yang mengartikan tingkat ketebalan pada ban mobil Anda. Angka yang tercantum berada dalam satuan milimeter yang berfungsi untuk menunjukkan ukuran ketebalan ban ketika akan dipasang dengan pelek yang sesuai. 

Angka tersebut merupakan lebar tapak ban yang sangat berpengaruh pada kenyamanan saat berkendara. Daya cengkram mobil akan menjadi lebih terasa pada ban yang bertapak lebar, namun hal tersebut juga dapat mempengaruhi akselerasi mobil kesayangan Anda.

  • Tingkat Rasio

Kode berikutnya merupakan rasio ketinggian ban terhadap ketebalan ban yang mana angka di dalamnya menunjukkan sebuah keterangan proporsi. Angka kode ini juga merupakan profil atau besar ban secara keseluruhan yang nilainya tidak selalu sama pada setiap ban, karena angka profil dan tapak lebar ban tidak selalu sama. 

Aspek rasio ini didapat dengan cara membandingkan antara tinggi ban dengan lebar ban kemudian dikalikan 100%. Artinya, semakin besar aspek rasio ban yang diperoleh, maka Anda juga akan memperoleh tingkat kenyamanan yang semakin baik. Namun, hal ini berdampak pada hal lainnya seperti kemampuan untuk membelok pada ban mobil Anda menjadi kurang optimal. 

Begitu pula sebaliknya, untuk ban yang memiliki rasio kecil, maka dimensi ban cenderung menjadi lebih tipis. Ban jenis ini umumnya cocok untuk kendaraan balap karena ban ini memiliki kemampuan membelok yang baik, meskipun kenyamanan yang dihasilkannya menjadi berkurang. 

  • Desain Ban

Agar dapat menyesuaikan dengan kemampuan kecepatan kendaraan, desain pada ban mobil Anda juga perlu diperhatikan. Biasanya, kode ban menunjukkan desain ban mobil berikut tingkat kecepatannya. Simak daftar lengkap kode kecepatan ban pada mobil berikut ini:

Q (kecepatan maksimal) = 160 km/jam
S (kecepatan maksimal = 180 km/jam
T ( kecepatan maksimal) = 190 km/jam
U (kecepatan maksimal) = 200 km/jam
H (kecepatan maksimal) = 210 km/jam
V (kecepatan maksimal) = 240 km/jam
W (kecepatan maksimal) = 270 km/jam
Y (kecepatan maksimal) = 300 km/jam
Z (kecepatan di atas) = 240 km/jam

  • Konstruksi

Selanjutnya, kode ban mobil berikutnya menunjukkan bentuk rangkaian konstruksi pada ban mobil Anda. Kode pada bagian ini hanya terdiri dari dua jenis yaitu:

R Radial
D Diagonal

 

Huruf “R” mewakili jenis ban radial dengan konstruksi yang melingkar. Jenis ban mobil ini umumnya paling sering ditemukan pada kebanyakan ban mobil. Sementara “D”, yang berarti diagonal, menunjukan konstruksi ban jenis lama atau bias yang umumnya digunakan secara khusus untuk mobil jenis truk dan trailer. 

  • Ukuran

Kode ban pada mobil selanjutnya berupa kombinasi huruf dan angka yang menunjukan ukuran ban dalam inchi terhadap pelek. Uniknya, kebanyakan mobil menggambarkan ukuran tebal ban menggunakan satuan milimeter sedangkan ukuran ban terdapat pelek menggunakan satuan inchi. Namun, meskipun demikian, beberapa ban mobil bawaan pabrik juga ada yang menggunakan ukuran metrik untuk membedakan ukuran pelek.

Itulah tabel kode ban mobil yang perlu Anda ketahui sebagai pemilik mobil. Bagi Anda yang ingin melakukan ganti ban mobil bisa kunjungi website Otoklix untuk menemukan bengkel terbaik dan terpercaya di dekat Anda.  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *