Siapa bilang menonton TV itu membosankan? Tidak, kini tidak lagi. Sebab channel TV semakin banyak. Jika dulu kita tak punya banyak pilihan untuk menonton tayangan TV, di mana acara TV banyaknya acara gosip dan sinetron, kini sebaliknya. Jenis tontonan di TV semakin beragam, seiring dengan masuknya siaran TV digital ke dalam TV yang kita punya.

 Benar, kita bisa menonton aneka jenis tayangan TV berkat adanya siaran TV digital. Tak hanya TV swasta yang sebelumnya ada, tetapi juga stasiun TV lain. Baik itu TV lokal, nasional, bahkan hingga ke luar negeri. Syaratnya cuma saja, TV kita harus sudah jenis TV digital. Atau TV analog yang sudah ditambah set top box alias STB.

 Kamu belum punya set top box? Ayo cepat beli. Cara pasang set top box gampang. Ikuti saja user guide-nya. Pasti nanti TV analogmu jadi TV digital. Jika sudah begitu, bisa deh nonton berbagai tayangan yang ada di TV. Namun jika masih bingung dengan merk set top box yang bagus, simak saja uraian berikut. Beberapa rekomendasi dari set top box bagus di bawah ini bisa kamu pertimbangkan untuk kamu pilih.

 

1. Matrix

Rekomendasi set top box terbaik yang pertama adalah Matrix. Sebuah merk set top box yang konon merupakan yang paling populer dan paling banyak dibeli. Bisa dibeli secara offline langsung atau pun online di marketplace. Model yang paling populer dari merk ini adalah set top box Matrix Apple DVB T2.

 Set top box Matrix Apple DVB T2 harganya sekitar Rp300 ribuan. Mseki terbilang mahal, set top box ini banyak dibeli karena keunggulannya yang banyak disukai. Dari mulai support tayangan YouTube yang cukup menggunakan dongle WiFi; support berbagai aplikasi ponsel ke TV yang juga juga dengan dongle WiFi; serta pekanya terhadap sinyal TV digital yang menciptakan gambar Full HD yang bagus dan tajam. Di samping tentu saja karena set top box ini sudah SNI dan tersertifikasi dari Kominfo.

 

2. Polytron

Rekomendasi set top box bagus lainnya adalah produk dari Polytron. Model Polytron PDV 610T2 merupakan jenis set top box dari merk ini yang paling populer. Harganya antara Rp350 ribu hingga Rp450 ribu.

 Hal yang membuatnya populer tentu saja adalah keunggulannya. Misalnya saja sifatnya yang otomatis di dalam mencari sinyal TV digital: bisa merekam acara TV favorit; hingga adanya fitur penggeser waktu siaran. Di samping juga karena produknya ramping dan ringkas yang sudah support pemutaran video dari berbagai bentuk media. Baik itu melalui flashdisk atau pun harddisk eksternal.

 

3. Advance

Merk ketiga set top box berkualitas adalah produk dari Advance. Digadang-gadang, set top box dari Advance ini konon merupakan yang paling laris dari semua merk. Hal inilah yang kemudian membuat harga set top box Advance jadi naik turun. Yakni antara Rp270 ribu hingga di atas Rp300 ribu.

 Produk STB yang laris ini misalnya saja adalah Advance STP-A01. Keunggulannya yang sudah support tayangan TV digital hingga resolusi 1920 x 1080 piksel membuat gambarnya sangat bagus. Di samping juga adanya fitur yang sudah support penggunaan WIFI juga.

 

4. Welhome

Merk lainnya dari set top box berkualitas adalah Welhome. Dengan hanya menggunakan antena UHF di luar saja, set top box ini, misalnya saja yang varian Welhome DVB T2 EWS, TV analog jadi bisa menerima siaran TV digital dengan sangat baik.

 STB Welhome DVB T2 EWS memiliki USB port. Jadinya bisa digunakan untuk menonton video. Bisa juga memanfaatkan jaringan WiFi dengan menggunakan dongle WiFi. Berkatnya, TV analog jadi bisa mengakses aplikasi YouTube, Netflix, TikTok, dan juga berbagai aplikasi ponsel yang lainnya lain-lain. STB Welhome DVB T2 EWS bisa dibeli dengan harga Rp287 ribuan.

 

5. Luby

Merk set top box populer yang lainnya adalah Luby. Misalnya saja model Luby DVBT2-01. Walaupun harganya murah, yakni ada di kisaran Rp260 ribuan, set top box ini memiliki sensitivitas yang bagus terhadap sinyal TV digital. Selain bisa digunakan menonton tayangan tv digital, juga bisa untuk mengakses berbagai aplikasi ponsel karena dia punya fitur yang bisa dihubungkan dengan dongle WiFi. Memutar video multimedia juga bisa. Entah itu menggunakan flashdisk atau pun harddisk eksternal.

 

6. Akari

Set top box dari merk Akari juga bagus. Misalnya saja yang model Akari Set Top Box ADS-2230. Harganya sekitar Rp270 ribuan. Selain bisa memberikan gambar yang bagus dan juga sensitif terhadap sinyal siaran TV digital, produk ini juga dilengkapi fitur peringatan dini terhadap bencana alam. Bahkan sudah mendukung fungsi dari EPG (Electronic Program Guide) yang lamanya 7 hari.

Keunggulan lainnya dari set top box Akari Set Top Box ADS-2230 adalah OSD-nya yang menggunakan bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris. Kemudian juga ada  indikator level sinyal serta tingkat kualitas sinyal; adanya kapasitas untuk menyimpan program yang tinggi sampai 999 program; dan juga kemampuannya yang mampu merekam serta memutar lagi acara TV dan juga acara radio.

Itu dia beberapa merk dan produk set top box terbaik yang bisa kamu pilih. Bagaimana, kamu akan membeli yang mana? Tenang saja, jika belum punya uangnya, kamu bisa memanfaatkan fitur di Shopee yang namnaya Spinjam. Sejenis pinjaman online OJK yang bunganya ringan namun limitnya bisa besar.

 https://www.youtube.com/watch?v=rnSNUqmDBF4

Kamu bahkan bisa meminjam hingga 12 juta. Tak hanya set top box, kamu juga menggunakannya untuk berbagai keperluan. Cara pengajuannya mudah. Pencariannya cepat. Bisa hari ini cair. Ayo tunggu apa lagi, beli sekarang set top box supaya kamu bisa menikmati aneka macam tayangan dari TV digital.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *